Senin, 30 Januari 2012

Ilmu Seni Rupa

A.Pengertian Seni rupa
Seni rupa adalah ungkapan gagasan atau perasaan yang estetis (keindahan)dan bermakna yang diwujudkan melalui media titik,garis,bidang,bentuk,warna,tekstur,dan gelap terang yang ditata dengan prinsip tertentu.
Seni rupa ditinjau dari segi fungsinya dibagi menjadi 2 kelompok sebagai berikut:
1.Seni rupa murni(fine art),yaitu karya seni yang hanya untuk dinikmati nilai keindahannya saja.karya seni ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan batiniah.misalnya:seni lukis,seni patung,seni grafika.
a.
Gb.seni lukis

b.
Gb.seni patung

c.
Gb.seni grafika

2.Seni rupa terapan(applied art),yaitu seni rupa yang memiliki nilai kegunaan(fungsional)sekaligus memiliki nilai seni.karya seni ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan praktis atau memenuhi kebutuhan sehari-hari secara materi.misalnya:furnitur,tekstil,keramik,kain batik,ukiran kayu.
a.
Gb.keramik
b.
Gb.kain batik

B.Unsur Seni Rupa
Unsur seni rupa adalah unsur-unsur visual yang dapat dilihat wujudnya yang digunakan untuk membentuk karya seni.unsur-unsur seni rupa tersebut berupa unsur garis,titik,bidang,bentuk,warna,tekstur,gelap terang,ruang atau volume.
1.Garis
Merupakan unsur rupa yang terbuat dari rangkaian titik yang terjalin memanjang menjadi satu.Macam-macam garis seperti garis lurus,garis lengkung,garis patah-patah,dan garis spiral atau pilin.
Garis lurus berkesan tegas dan keras,garis lengkung berkesan lembut dan lentur,garis patah-patah berkesan kaku,garis spiral berkesan luwes.
2.Titik
Merupakan unsur rupa yang paling sederhana dan akan tampak berarti bila jumlahnya banyak atau ukurannya diperbesar hingga menjadi bintik.
3.Bidang
Merupakan unsur rupa yang terjadi karena pertemuan dari beberapa garis.Ada dua jenis bidang yaitu bidang geometris(beraturan)dan bidang non geometris(tidak beraturan)
4.Bentuk
Bentuk terjadi melalui penggabungan unsur bidang
5.Warna
Merupakan unsur rupa yang terbuat dari pigmen(zat warna).Warna dapat dibedakan menjadi 3 yaitu,Warna Primer(warna pokok)warna dasar bukan warna campuran dari warna manapun,seperti warna merah,kuning,biru.Warna sekunder terbentuk dari dua warna primer,contoh hijau dari kuning dengan biru,ungu dari merah dengan biru,dll.Warna tersier terbentuk dari campuran warna sekunder lain dan atau warna primer,seperti coklat.
6.Tekstur
Merupakan nilai raba dari suatu permukan(halus,kasar,dll).secara visual ada 2 macam tekstur yaitu,tekstur nyata,bila keadaan benda saat dilihat dan diraba sama nilainya,dan tekstur semu bila keadaan benda saat dilihat dan diraba berbeda nilainya.
7.Gelap terang
Merupakan keadaan sesuatu bidang yang dibedakan dengan warna tua dan muda yang disebabkan oleh perbedaan warna atau pengaruh cahaya.contoh:gelap terang

C.Prinsip Seni Rupa
prinsip-prinsip seni rupa disebut juga kaidah-kaidah yang menjadi pedoman dalam berkarya seni rupa.prinsip seni rupa meliputi:
1.Kesatuan (unity)
Unsur-unsur yang tedapat dalam sebuah karya yang saling berkaitan(tidak berdiri sendiri)
2.Keseimbangan(balance)
Kesamaan bobot dari unsur-unsur karya.Secara wujud dan nilainya mungkin tidak sama,tapi nilainya tetap seimbang.Macam-macam keseimbangan :
a.Keseimbangan Simetris :keseimbangan antara 2 unsur yang letaknya berlawanan.mempunyai bentuk,besar dan warna yang sama.keseimbangan simetris mempunyai sifat statis yaitu tenang,damai,tentram,tidak hidup.
b.Keseimbangan Asimetris: keseimbangan yang tidak seimbang tapi mempunyai kesan seimbang,bersifat dinamis yaitu lebih hidup
c.Keseimbangan Diagonal:keseimbangan dari sudut ke sudut.
d.Keseimbangan Sentra(terpusat):keseimbangan yang acuannya ditengah
3.Irama (ritme)
Penyusunan unsur-unsur merupakan pengulangan dari unsur-unsur yang diatur.
4.Pusat Perhatian(Central of interes)
Unsur yang menonjol atau berbeda dengan unsur-unsur yang ada didalam karya,perhatian difokuskan pada satu hal yang dianggap penting dan menarik.
5.Keselarasan(harmoni)
prinsip untuk menyatakan unsur-unsur seni rupa yang berbeda saling bekerja sama atau dengan yang lainnya,baik bentuk maupun warna.
6.Perbedaan yang jauh(kontras)
Prinsip yang memperlihatkan perbedaan yang sangat menonjol dan jelas,baik bentuk maupun warna serta susunannya.

C.Ragam Gambar Bentuk
Bentuk benda dapat dibedakan menjadi 2 yaitu bentuk geometris(beraturan)seperti kubus,balok,piramid,limas,kerucut,bulat,bundar.Dan non geometris (tidak beraturan).
Bentuk ini terdapat pada berbagai benda alam,selain itu benda dapat dibedakan menjadi 3 bentuk yaitu :
1.Bentuk Kubistis
adalah bentuk-bentuk yang menyerupai kubus atau benda yang bentuk dasarnya kubus dan balok.contoh:lemari,meja,kursi,kardus,kulkas,dll.
2.Bentuk Silindris
adalah benda yang memiliki bentuk dasar silinder atau bulat.contoh:gelas,kendi,teko,ember,tabung,piring,cangkir,dll.
3.Bentuk bebas
adalah benda yang bentuknya tidak beraturan atau yang tidak termasuk kubistis dan silindris.contoh:kain,buah-buahan,sayur-sayuran,busana,dll.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar